Gorontalo, 09 September 2025 – Program Studi Pendidikan Geografi FMIPA Universitas Negeri Gorontalo (UNG) melalui forum akademik Geo Edutalk kembali menghadirkan diskusi inspiratif bagi mahasiswa. Kegiatan ini mengangkat dua tema penting, yaitu “Roadmap Lulus Cepat: Mengatur Prioritas Akademik dan Organisasi bagi Mahasiswa Geografi” dan “Strategi Studi Efektif dan Implementasi Hasil Riset dalam Inovasi Pembelajaran Geografi”. Edutalk ini diselenggarakan oleh Laboratorium Pendidikan Geografi dibawah Kepala Laboratorium Dr. Eng. Sri Maryati, S.Si. Kegiatan ini merupakan bagian dari komitmen program studi dalam membangun budaya akademik yang produktif melalui forum diskusi yang diadakan setiap bulan.
Pemateri pertama Masruroh, M.Pd membawakan topik “Roadmap Lulus Cepat: Mengatur Prioritas Akademik dan Organisasi bagi Mahasiswa Geografi”. Materi ini menekankan pentingnya manajemen waktu, strategi akademik, serta keseimbangan antara kuliah dan kegiatan organisasi untuk mendukung percepatan studi tanpa mengurangi kualitas capaian akademik.
Sementara itu, pemateri kedua disampaikan oleh Nurmuhniyanti Hubaib, M.Pd yang merupakan alumni S1 Pendidikan Geografi UNG dan S2 di Pendidikan Geografi UNY yaitu materi mengenai “Strategi Studi Efektif dan Implementasi Hasil Riset dalam Inovasi Pembelajaran Geografi”. Dalam paparannya, dijelaskan bagaimana mahasiswa dapat mengelola strategi belajar yang efisien sekaligus memanfaatkan hasil riset untuk menciptakan metode dan media pembelajaran geografi yang inovatif dan relevan dengan perkembangan zaman.
Kegiatan yang diikuti oleh mahasiswa, dosen, serta perwakilan organisasi kemahasiswaan ini bertujuan memberikan wawasan sekaligus motivasi kepada mahasiswa agar mampu merencanakan studi dengan lebih terarah serta berkontribusi pada pengembangan inovasi pembelajaran di bidang geografi. Melalui Geo Edutalk, mahasiswa diharapkan mampu menyusun roadmap studi, menyeimbangkan aktivitas akademik dan organisasi, serta berkontribusi dalam pengembangan inovasi pembelajaran geografi berbasis riset.